Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog

Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog - Hallo sahabat Niar Ningcrut yang aku sayangi dan aku rindukan, pembaca Niar Ningcrut Blog, Terimakasih sudah mampir di blog Niar Ningcrut yang ngecemes ini, Saat ini artikel yang Niar Ningcrut tulis dengan judul Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog, Niar Ningcrut sudah mempersiapkan artikel ini dengan baik loh untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel foto, Artikel fotogenic, Artikel Jalan-Jalan, Artikel niar ningrum, Artikel niarsis fotofotoan, Artikel Solo, yang Niar Ningcrut tulis ini dapat kamu pahami dan bisa membantu kamu. Baiklah, selamat membaca, semoga bermanfaat, Jangan lupa subcribe Blog Niar Ningcrut ya...??? Emmuwaaahhhhh...!!!.

Judul : Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog
link : Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog

Baca juga


Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog

Permainan tradisional sudah mulai memudar, coba liat anak kecil sekarang kok hampir ndak kenal yaa, pada kebanyakan lebih main ke gadget mulai dari hape android, tablet, sampai laptop yang game online, hiihhiii..

Dulu waktu niar masih kecil mainannya lho karetan, dakon, engrang, gasing, nekeran, bola bekel, benteng-bentengan, bahkan sampe naik pohon keres hihihihi...nakal banget yaa kecilannya, niar neh cewek tapi mainannya kayak cowok yaa, hihihihi....

Eeh pernah juga lho niar main di juglang nyari koodok, bener bener anak desa yang mainannya tradisional banget, baru ada komputer sama gadget juga baru-baru ini ajah munculnya, ndak terlalu juga seh buat mainan onlinennya, hehehhe. Niar cuma mau share ajah beberapa foto mainan tradisional yang jumpa lagi, waktu berkunjung di taman balekambang solo.


CONGKLAK :

Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil. (Menurut mbak wikipedia lho)


Congklak

Seneng banget lho mainan congklak ini, apah lagi mainnya sama 2 anak asli sono yang kosa kata, logat bicaranya medok jowo banget jadi ikut jowo juga niar, hehehhe :D  Mainan coklak biasanya bijinya pake sama biji kecik (isinya sawo) atau biji srikaya yang dulu didepan rumah udah punya lho, enak banget, hohoho...


mainan congklak yukk

 EGRANG :

Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantai atau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun.[1]. (Menurut mbak wikipedia lagi)

Terdapat beberapa jenis egrang, yakni:
  • Egrang pegangan
  • Egrang pasak
  • Egrang drywall
  • Egrang pegas

Main egrang, ndak gampang banget lho, niar ajah mainnya sampek dipegangin anak kecil yang tadi main dakon juga, adoohh itu juga ndak sekali naik langsung bisa, itu juga bolak balik pilih ganti egrang lho yaa, mosok ndak seimbang berdiri di atas engrang, butuh perjuangan kayak cinta yang harus diperjuangkan #eeh apaan seh ini :D

susah payah naik lho

GASING :

Gasing / Gangsing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib. (Menurut mbak wikipedia lagi)


Gasing seru banget

Mainan gasing tuh seru banget, niar kalau ini yang di lilit pake tali baru di tarik biar muter gasingnya tuh tradisional banget mainannya. Ini juga ndak gampang lho mainnya kadang pas di tarik lho ndak muter, hehehe..


Niar seneng banget bisa mainan tradisional yang hampir punah, harusnya dilestarikan lho yaa, kasian anak cucu kita ntar ndak ketemu mainan tradisional yang seru banget mainnannya tuh, selain mainan juga buat olahraga, hehehe.


Apaan neh kesukaannya dulur mainan tradisional ??


Demikianlah Artikel pada Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog

Sekianlah artikel yang bisa Niar Ningcrut bagikan. sekali lagi Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog berterimakasih banget sudah mau mampir ke blog ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan Niar Ningcrut lainnya, jangan lupa sering mampir ke blog ini ya, dan jangan lupa bagiakan artikel ini ke teman-teman dan sodara.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Mainan Tradisional Hampir Punah | Niar Ningcrut Blog dengan alamat link https://niarningcrut.blogspot.com/2013/08/inilah-mainan-tradisional-hampir-punah.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah My Experience with Cetaphil Gentle Skin Cleanser | Niar Ningcrut Blog